Minggu, 24 Juni 2012

agama yang paling benar di dunia dan terbaik


Agama yang paling benar di dunia
Saya tidak setuju kalau ada yang mengatakan semua agama itu benar karena jika ada orang muslim mengatakan semua agama itu benar maka sama saja dengan dia mengakui bahwa Tuhan Itu jumlahnya banyak.Yang jelas dia melanggar dan tidak mengakui surat al-iklash ayat pertama yang berbunyi “ katakanlah dialah allah yang maha esa”,Maka dari itu saya simpulkan bahwa Islamlah agama yang paling benar di dunia.Meskipun setiap agama mengajarkan Perilaku Kebaikan, tetapi tidak semua agama Mengajarkan konsep ketuhanan yang benar karena di dunia ini Cuma ada satu agama yang di ridhoi dan di akaui Kebenaranyanya di mata Tuhan yang maha esa yaitu ISLAM.Di bawah ini saya akan jelaskan bahwa agama yang paling benar adalah agama yang menyembah Tuhan yang maha esa sesungguhnya tanpa menyembah yang lain dari padaNYA.
Konsep ketuhanan dari semua agama :
1.      Konsep ketuhanan agama Islam ( Menyembah Allah yang maha esa)
    Jelas agama yang menyembah Tuhan yang sesungguhnya adalah Islam .Agama Islam tidak pernah menyuruh umatnya untuk menyembah Mahkluk ciptaan ALLAH baik itu makhluk hidup maupun makhluk mati dan tidak pula menyuruh umatnya menyembah manusia,setan.jin ,patung pohon dan makhluk –makhluk yang lain .Karena memang Cuma ALLAH satu-satunya yang mereka sembah.Jangan pernah menanyakan seperti apa ALLAH itu? Karena kita bisa gila memikirkannya sebab akal manusia tidak bisa mencapai hakikat ketuhanan yang Maha Esa karena ALLAH itu Maha Gaib dari segala sesuatu .Kita akan melihat ALLAH setelah Ruh berpisah dari Badan ( Meninggal dunia/ mati) itu pun kalau kita masuk kedalam surganya.Jadi agama Islam itu hanya mempunyai satu Tuhan bukan dua maupun banyak ,hal ini sesuai dengan ajaran kitab suci mereka( AL-Qur’an) tepatnya di dalam surah al-Iklash ayat satu sampai Empat yang berbunyi:

     1.Katakanlah hai( Muhammad) Allah itu Maha ESA.( eas artinya tunggal dan Cuma satu-satunya)
2.Allah tempat memohon dan meminta
3.Allah tidak beranak dan tidak pula di lahirkan
4.Maka tak ada satupun yang menyamainya( Allah tidak seperti ciptaannya termasuk nabi dan kita)
AL-IKHLAS AYAT 1 SAMPAI 4
  Itulah konsep ketuhana agama Islam.
2.AGMA KRISTEN DAN YAHUDI( penyembah Tuhan tetapi juga menyembah manusia)
     Ternyata Islam mengetahui Konsep ketuhanan Yahudi dan nasrani,di dalam surat at-taubah ayat 30 di jelaskan bahwa” Orang-orang Yahudi berkata Uzair itu anak allah dan Orang kristen mengatakan bahwa Isa bin Maryam itu Putra ALLAH.Demikian yang mereka ucapkan,mereka meniru perkataan Orang-orang kafir terdahulu sehingga membuat mereka berpaling kepadanya”.Pada awalnya agama kristen dan yahudi adalah agama yang menyembah Tuhan Allah yang sesungguhnya tetapi Para ahli agama mereka( nenek moyang mereka) merubah dan menukar ajaran yang telah di bawah oleh nabi Musa dan Nabi isa.Maka dari itulah mereka menyembah manusia juga seperti Kristen menyembah Yesus dan Yahudi menyembah nabi Yakub( Yahweh) dan Menyembah Uzair.Jelas ini kedua agama ini bukan lagi agama yang paling benar melainkan agama yang sudah di sesatkan oleh Para ahli kitab terdahulu karena menyamakan  Tuhan dengan Makhluk ciptaanya( manusia).
3.Agama Hindu ( Penyembah Dewa)
    Sungguh agama ini agama yang menyimpang karena mereka bisa tahu wujud-wujud Tuhannya yang di gambarkan padahal Tuhan Itu maha Gaib bahkan sama persis Tuhannya dengan manusia .Berarti Dewa itu awalnya manusia bisa maka dari itu agama Hindu juga agama penyembah Makhluk ciptaan Tuhan.
 4.AGAMA BUDHA( agama penyembah MANUSIA)
Agama inipun juga demikian karena agama ini penyembah manusia yang bernama Sidharta gautama Budha.Oleh sebab itu saya klaim agama ini bukan agama yang benar.
   
Bukti -bukti bahwa Islam agama yang paling benar:
 Dari Kitab Yesaya:

Ayat ke-3 selanjutnya menggambarkan betapa bangsa itu lalu dikasihi oleh Allah, serta berkenan menerima perkataan-perkataan dari Dia, yang muncul dari Mekkah (Paran) itu. Kesimpulan yang diperoleh dari seluruh tafsiran ini, ialah: ,"Dari Mekkah akan datang Nabi itu, yaitu Nabi Muhammad s.a.w."Kitab Nabi Yesaya pasal 41 ayat 1-4 bunyinya: 
 1. Berdiam dirilah kamu hai sekalian pulau, hendaklah segala bangsa memperbaharui kuat dan kuasanya, serta datang kemari, hendaklah mereka itu memutuskan hukum. Kami hendak bersama-sama datang hampir akan berhukum.
 2. Siapa gerangan yang, sudah membangkitkan Dia dari musyrik dan bertemu dengan segala kebenaran pada segala langkahnya? Siapa Dia, yang menyerahkan segala orang-orang kafir dihadapan haderatnya dan akan memberikan kuasa atas segala raja-raja dan menyerahkan mereka seperti duli dan kepada busurnya seperti jerami diterbangkan angin?
3. Pada masa diusirnya mereka itu? Dengan selamat juga ia terus kepada jalan yang belum pernah dilangkahinya,
4. Siapa gerangan sudah mengadakan dan membuat dia, sambil memanggil segala bangsa asal mulanya. Aku ini Tuhan yang pertama, maka Aku ini yang kemudian sama saja.   Didalam kutipan tadi, juga dijelaskan lagi, betapa nabi itu akan mengadakan peperangan dan akan mengalahkan orang orang dan raja-raja kafir sekalipun. Didalam ayat ke-3 diceriterakan betapa Nabi itu harus, "Hijrah" ke tanah yang belum pernah dijejakinya, dengan selamat. Hal ini mengingatkan kita kepada "Hijrah Rasulullah" dari Mekkah ke Medinah dengan selamat. Ayat ke-2 menceriterakan bagaimana Muhammad mengalahkan raja-raja dan orang-orang kafir hanya sebagai duli yang diterbangkan angin, serta anak panah-anak panah lawan yang seolah-olah hanya jerami belaka, artinya tidak sampai melumpuhkan Muhammad dan tentaranya. Yesus belum pernah melakukan peperangan selama hidupnya. Sebab doktrin Yesus kita kenal yaitu: Bila ditempeleng pipi kiri berikanlah pula pipi yang kanan, dan cintailah sesamamu manusia, bahkan musuhmu juga. Dengan doktrin ini Yesus tidak mungkin akan mengadakan peperangan-peperangan dan serbuan, apalagi Yesus bukankah pernah mengatakan, bahwa kerajaannya bukanlah di dunia ini? (Yahya 18: 36).
Dalam Kitab Umat Hindu: Seorang professor bahasa dari ALAHABAD UNIVERSITY INDIA dalam salah satu buku terakhirnya berjudul "KALKY AUTAR" (Petunjuk Yang Maha Agung) yang baru diterbitkan memuat sebuah pernyataan yang sangat mengagetkan kalangan intelektual Hindu.
Sang professor secara terbuka dan dengan alasan-alasan ilmiah, mengajak para penganut Hindu untuk segera memeluk agama Islam dan sekaligus mengimani risalah yang dibawa oleh Rasulullah saw, karena menurutnya, sebenarnya Muhammad Rasulullah saw adalah sosok yang dinanti-nantikan sebagai sosok pembaharu spiritual.
Prof. WAID BARKASH (penulis buku) yang masih berstatus pendeta besar kaum Brahmana mengatakan bahwa ia telah menyerahkan hasil kajiannya kepada delapan pendeta besar kaum Hindu dan mereka semuanya menyetujui kesimpulan dan ajakan yang telah dinyatakan di dalam buku. Semua kriteria yang disebutkan dalam buku suci kaum Hindu (Wedha) tentang ciri-ciri "KALKY AUTAR" sama persis dengan ciri-ciri yang dimiliki oleh Rasulullah Saw.
Dalam ajaran Hindu disebutkan mengenai ciri KALKY AUTAR diantaranya, bahwa dia akan dilahirkan di jazirah, bapaknya bernama SYANUYIHKAT dan ibunya bernama SUMANEB. Dalam bahasa sansekerta kata SYANUYIHKAT adalah paduan dua kata yaitu SYANU artinya ALLAH sedangkan YAHKAT artinya anak laki atau hamba yang dalam bahasa Arab disebut ABDUN.
Dengan demikian kata SYANUYIHKAT artinya "ABDULLAH". Demikian juga kata SUMANEB yang dalam bahasa sansekerta artinya AMANA atau AMAAN yang terjemahan bahasa Arabnya "AMINAH". Sementara semua orang tahu bahwa nama bapak Rasulullah Saw adalah ABDULLAH dan nama ibunya MINAH.
Dalam kitab Wedha juga disebutkan bahwa Tuhan akan mengirim utusan-Nya kedalam sebiuah goa untuk mengajarkan KALKY AUTAR (Petunjuk Yang Maha Agung). Cerita yang disebut dalam kitab Wedha ini mengingatkan akan kejadian di Gua Hira saat Rasulullah didatangi malaikat Jibril untuk mengajarkan kepadanya wahyu tentang Islam.
Bukti lain yang dikemukakan oleh Prof Barkash bahwa kitab Wedha juga menceritakan bahwa Tuhan akan memberikan Kalky Autar seekor kuda yang larinya sangat cepat yang membawa kalky Autar mengelilingi tujuh lapis langit. Ini merupakan isyarat langsung kejadian Isra' Mi'raj dimana Rasullah mengendarai Buroq.
Dalam Kitab Kaum Persia:
Selainnya dari Weda, nama Muhammad dapat pula kita jumpai dalam kitab orang Parsi. Kita baca umpamanya dalam Kitab Datasir 14, berkatalah Susan, Nabi orang Parsi: "Apabila orang-orang Parsi sudah terjerumus dalam budi pekerti yang begitu rendah,"'maka seorang akan lahir ditanah Arab" yang pengikut-pengikutnya membalikkan takhta kerajaan agama dan segala barang mereka itu. Seseorang yang berkepala batu yang amat berkuasa di Parsi akan dihalaukan. Rumah yang didirikan itu, dimana berhala-berhala banyak terdapat disitu akan disucikan daripada berhala-berhala itu, dan banyak orang-orang akan menjalankan shalatnya dengan menghadap mukanya ke ka'abah. Pengikut-pengikutnya akan menawan kota-kota Persi, Taush dan Bulhuh serta lain-lain tempat besar sekelilingnya. Rakyat akan kacau menjadi satu, dan orang pandai-pandai di tanah Persi akan menggabungkan diri dengannya."  

Alangkah tepatnya nubuatan ini, yang digenapi pada tahun 17 Hijrah atau Mei 638M didalam pemerintahan Khalifah Umar bin Khaththab pasukan-pasukan Islam menyerbu ke Persia, dan gugurlah takhta kerajaan orang Persi. Rajanya yang kejam-melarikan diri ke Asyria meminta suaka. Hal ini tepat 29 tahun sesudah kedatangan Nabi Muhammad s.a.w. Heran, heran benar saya jadinya kalau Kraemer, doctor orientalis barat menuliskan keadaan Muhammad sebagai "seorang yang kurang Ilmu" - "pawang unta" - "Muhammad yang tidak pernah melihat Qur'an yang sekarang ini." (Apakah Yesus dan Paulus juga sudah melihat Injil yang seperti sekarang ini Doctor???).

Yang kemudian, oleh pengikut-pengikutnya dikhayalkan Muhammad pernah naik ke surga. "Qur'an adalah hanya karangan Muhammad yang dipaksakan kepada pengikut-pengikutnya, berisi jiplakan Perjanjian Lama yang bersifat sajak yang kadang kadang sangat pelong bunyinya dan dibuat-buatnya saja" (supaya lebih puas, bagaimana dan sampai dimana penilaian Dr. Kraemer, baiklah dibaca saja buku "Agama Islam" karangan Dr. Kraemer, yang diterbitkan oleh BPK Kwitang 22 Jakarta terbitan
dalam kitab agama yahudi dan nasrani:

Nabi Muhammad dalam kitab Tripitaka (Budha): Sang Maitreya
Pemimpin Budha,  Sidharta Gautama telah meramalkan kedatangan seorang manusia yang diberi wahyu. Dalam Doktrin Budha (The Gospel of Buddha) oleh Caras (hal.217-8) disebutkan bahwa Budha agung yang akan datang ke dunia ini dikenal sebagai “Maitreya”. Yang berarti “pemberi rahmat”. Merujuk pada tugas mulia rasulullah bahwa beliau bertugas sebagai rahmatan lil alamin bagi seluruh umat manusia .
“Dan tiadalah Kami mengutus kamu, melainkan untuk (menjadi) rahmat bagi semesta  alam (rahmatan lil alamin)” Al-Quran Surat 21 (Al-Anbya) : 107
Lebih jauh lagi  kitab suci kaum Budha, disebutkan  bahwa sang  Sidharta Gautama berkata“Para pengikutnya (Maitreya) berjumlah ribuan orang, sementara jumlah pengikutku ratusan orang.” Faktanya, pengikut Nabi Muhammad saw berjumlah ribuan orang (sekarang tentunya jutaan).
Dalam Doktrin Budha (oleh Caras, hal.214), seorang Budha yang tercerahkan itu dilukiskan sebagai memiliki kulit yang amat terang dan bahwa seorang Budha memperoleh “pandangan yang luhur di malam hari”. Dalam kenyataan sejarah, Nabi saw acap melakukan shalat malam (tahajjud) sebagai pantulan cintanya yang mendalam kepada Sang Pencipta. Selama hayatnya, Nabi saw tidak pernah meninggalkan shalat malam. Buahnya, beliau mendapatkan pandangan yang tajam untuk merekonstruksi peradaban baru manusia, peradaban Islam.
Dalam Si-Yu-Ki, jilid 1, hal.229, tertulis bahwa “…tak satu kata pun yang mampu menguraikan kemuliaan pribadi Maitreya.” Fakta telah membuktikan, baik kaum muslim maupun non muslim yang melakukan kajian secara obyektif sepakat bahwa Muhammad saw sangatlah rupawan dan menarik baik dari sisi lahiriah maupun batiniah. Ketegasan dan kelembutan pribadi beliau memanifestasikan sifat-sifat Tuhannya. Inilah yang menyulitkan pemaparan kemulian pribadi Nabi saw.  Dalam kitab dan jilid yang sama, tercantum “…suara indah dari Bodhisatwa (Maitreya) begitu lembut, merdu, sekaligus santun. Mereka yang mendengar tidak pernah merasa bosan dan puas.” Nabi saw yang lahir dari kalangan Arab tentunya paham benar akan bahasa Arab. Dan, bahasa Arab yang digunakan al-Quran luar biasa indahnya. Karena itu, al-Quran Suci sendiri dinilai sebagai suatu karya kesusastraan khusus dengan bobot tertinggi yang memberikan manfaat kepada kawan dan lawan. Kelembutan Nabi saw dan keindahan bahasa al-Quran menjadikan setiap perkataan Nabi saw tidak pernah dikenai rasa bosan dan letih untuk disimak.
Disebutkan bahwa Budha tersebut tidak punya guru, yakni tanpa menempuh suatu jenjang pendidikan formal. Gautama juga menekankan bahwa Budha itu seorang yang bersahaja yang mengatakan keselamatan itu hanya tergantung pada amal perbuatan individu. Nabi saw sendiri tidak pernah belajar sama sekali dari seorang guru pun. Ilmu yang beliau dapatkan murni dari Allah sebagai buah perenungannya akan kenyataan semesta ditambah kesucian jiwanya.
Satu ciri lagi yang mengacu pada diri rasulullah adalah saat meninggal bentuk fisik tidak akan nampak kembali (setelah Nabi Muhammad wafat, gambar/wujud fisik beliau tidak ada, karena Islam melarang wujud Nabi.
Nabi Musa tidak sanggup melihat wujud Tuhan ALLAH YANG MAHA ESA:
   Nabi musa.as. pernah berkeinginan melihat allah lau allah berfirman “ wahai musa jika kau ingin melihatku maka pergilah ke bukit sinai’’ sampai di Bukit sinai mata musa tak mampu memandang bukit yang penuh dengan cahaya suci yang terang lagi maha Menyilaukan.Coba berfikir apakah cahaya Itu sama dengan Manusia ? Jawabanya tidak.
  Bahkan umat nasrani dan Yahudi menganggap dirinya juga TUHAN /Anak tuhan padahal Nabi mereka tidak mengaku seperti itu, Mereka hanya menduga –duga hingga mereka sesat dan dis esatkan allah karena Itu pembalasan allah karena mereka mencoba menipu allah lalu allah membalas tipu daya mereka sebagaimana Pendeta ahli kitab Terdahulu dan orang-orang yang ahli Taurat yang memalsukan ajaran Allah di dalamnya.Islam adalah penyempurna dari agama-agama allah terdahulu dan AL-qur’an Sebagai pengganti kitab yang di palsukan oleh para ahli Injil dan taurat dan akan di jaga allah sampai akhir zaman.
Kesimpulan:
Jadi sudah banyak bukti bahwa Islam agama yang maha Benar.Agama Islam tidak pernah mengajarkan Pembunuhan tetapi justru umat Kristen dan Yahudi yang selalu melakukan Kolonialisme ( Penjajahan dan penindasan terhadap negara -negara mayoritas muslim) .Nabi Muhammad Mempunyai banyak Istri Bukan karena Nafsunya melainkan perintah Allah untuk menafkahi janda-janda miskin dan perintah allah agar Wanita yang di nikahi Itu tidak masuk ke agama lain dan tetap berpegang teguh pada Islam


157 komentar:

  1. woi ccd. asal ngebacod aja lo. maitreya yg dimaksud bukan yg lo maksud pemberi rahwat jing.asal ngebacod lo...trus sinar bulan yg di maksud buddha maitreya lahir dimalam hari sinar bulan pas budha maitreya lahir membuat sungai kuning menjadi jernih. anjing lo samain budha dengan nabi lo. pake ngebahas kitab orang lagi padahal gak tau maksudnya. ngambil kesimpulan sendiri sampah lo. dia lahir dichina bukan ditempat mesum di arab. ccd...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    2. Kalau kita mau membandingkan mana agama yg benar, maka :
      1. Uji ayat ayat di kitab auci dg ilmu pengetahuan yg adh diakui kebenerannya.
      2. Sandingkan ayat perayat dlm membahas topik tertentu, mana yg masum akal dan dapat diaplikasikan dan mana kitab yg menjawab permasalahan yg ada. contoh islam membolehkan beristri sampai 4 istri, di alkitab ada nabinya yg beristri lebih dari 100. Di Islam Nabinya bermistri, beranak fan melakukan aktifitas sebagaimana manusia umumnya. di Al Kitab Tuhannya tidak menikah, tdk punya anak, tdk ambisi dunia. Manakah yg cocok untuk manusia dr awal sampai ahir dunia. Apakah menikah beranakan pinak dan melakukan aktifitas, atau tidak bereproduksi, sehingga manusia jadi punah. Kalau di Ialam kesalahan sibalas aesuai tingkat kesalahannya dan apabila kamu memaafkan, maka itu lebih baik
      di Al Kitab kalau kamu ditampir pipi kirimu, berikan juga pipi kananmu. Manakah dari kedua ajaran itu yg bisa diaplikasikan dlm menciptakan ketertiban. Dg itu saja mungkin kita bisa menilai mana kitab dari Tuhan dan mana dari tangan manusia

      Hapus
    3. Loe kalo ngomong pakai akal akal jangan sembarang dasar manusia bahlul

      Hapus
    4. Huh Islam anjing Matia aj lu Islam kontol

      Hapus
  2. WAHAI HATSU ATAU ASU COOLING DOWN MAS BRO... TIDAK PERLU ANDA EMOSI DAN BERKATA SEPERTI DEMIKIAN (KASAR) ITU UDAH MENCERMINKAN SIAPA ANDA,.... KALAU ANDA TIDAK SETUJU "FINE" HAK ANDA.... MUNGKIN PENULIS HANYA MEMAPARKAN PENDAPATNYA ITU ADALAH HAKNYA,.... TAPI APAKAH ANDA SAUDARA ASU SUDAH MENJALANKAN APA YANG SUDAH MEJADI KEWAJIBAN AGAMA ANDA? "UNTUKMU AGAMAKU UNTUKKU AGAMAKU DAN KITA TINGGAL DI INDONESIA YANG MAJEMUK OK

    BalasHapus
    Balasan
    1. "KITA TINGGAL DI INDONESIA YANG MAJEMUK" Nah bro, kita tinggal disini ga ada salahnya dong kita u bela hak untuk dihargai? Ya bisa dibilang klo gini mah wajar aja dimarahin tapi dia bela hak nya bro . . Kita ga usah kepancing emosi juga. Diemin aja dia mau lampiasin kemarahan dia kok.

      Hapus
  3. Sadarlah apa yang kamu pelajari mengenai agama lain masih belum mendalam, salah satunya agama Buddha...
    kami sebagai agama Buddha tidak menyebah Sidharta gautama itu sendiri,,, tetapi kami menghormati dia sebagai guru junjungan kami...
    jangan membuat sembarangan kesimpulan yang tidak benar mengenai agama-agama yang lain jika anda tidak memahami secara mendalam...
    itu hanya akan memecah belah kesatuan agama yang telah terjalin harmonis ini..
    kalo anda ingin membuat kesimpulan mengenai agama paling benar yang mana, jangan anda berpegang pada satu agama lalu mengkritik agama lain...
    tetapi menjadi orang yang tidak memiliki agama lalu mendalami semua agama yang ada baru membuat kesimpulan...

    BalasHapus
  4. Asal kamu ketahui siddarta adalah seorang buddha bukan hanya manusia biasa dan perbandingan antara seorang buddha dan seorang manusia biasa sudah pasti menjawab seorang buddha adalah yang paling tertinggi dari seluruh makhulk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Agama yang sebenar tidak akan mementingkan diri sendiri.Agama yang sebenar tidak akan membandingkan agama sendiri dengan orang lain.Mereka tidak akan menghina atau memandang rendah agama lain.Saya hanya berpegang pada kehidupan yang sebenar.Agama yang sebenar tidak akan menjadikan sembelih sebagai amalan dan dikatakan tidak berdosa.Semua makhluk mau hidup dengan gembira dan takutkan kematian.Jikalau kita sendiri akan disembelih,adakah anda mahu?

      Hapus
  5. terkutuklah kamu telah menghina agama ku (hindu) biarkan aja dia ngoceh, nanti kalo udah kena karmanya,, tau rasa lo

    BalasHapus
    Balasan
    1. Karma apa buah kurma....wk wk wkkk

      Hapus
    2. Kalian sampaikan kepada tuhan kalian.wahai umat hindu dan yang lainya.suruh tuhanmu untuk berhadapan denganku.maka akan ku bantai tuhanmu atas seizin allah tuhan alam semesta.karna kalian telah menghina agamaku.aku tidak takut siapapun aku akan menentang orang yang menghina agamaku.minta maaf lah kepada umat islam sebelum kalian menyesal karna membuat tuhanku marah.demi allah sebentar lagi dunia akan kiamat

      Hapus
  6. MUHAMMAD PERAMPOR
    “Merampok itu halal “ : Maka makanlah dari sebagian rampasan perang yang telah kamu ambil itu, sebagai makanan yang halal lagi baik, dan bertakwalah kepada Allah; sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. (QS 8:69)
    Allah menjanjikan kepada kamu harta rampasan yang banyak yang dapat kamu ambil, maka disegerakan-Nya harta rampasan ini untukmu dan Dia menahan tangan manusia dari (membinasakan) mu (agar kamu mensyukuri-Nya) dan agar hal itu menjadi bukti bagi orang-orang mukmin dan agar Dia menunjuki kamu kepada jalan yang lurus.( QS 48:20),

    ISLAM TERORIS
    1. Dan janganlah kamu mengatakan terhadap orang-orang yang gugur di jalan Allah, (bahwa mereka itu) mati; bahkan (sebenarnya) mereka itu hidup, tetapi kamu tidak menyadarinya.(QS 2:154)

    2. Dan sungguh kalau kamu gugur di jalan Allah atau meninggal, tentulah ampunan Allah dan rahmat-Nya lebih baik (bagimu) dari harta rampasan yang mereka kumpulkan. (QS 3:57)

    3. Tidak mungkin seorang nabi berkhianat dalam urusan harta rampasan perang. Barang siapa yang berkhianat dalam urusan rampasan perang itu, maka pada hari kiamat ia akan datang membawa apa yang dikhianatkannya itu; kemudian tiap-tiap diri akan diberi pembalasan tentang apa yang ia kerjakan dengan (pembalasan) setimpal, sedang mereka tidak dianiaya.(QS 3:161)


    4. Orang-orang yang beriman dan berhijrah serta berjihad di jalan Allah dengan harta benda dan diri mereka, adalah lebih tinggi derajatnya di sisi Allah; dan itulah orang-orang yang mendapat kemenangan.(QS 9:20)

    5. Berangkatlah kamu baik dalam keadaan merasa ringan atau pun merasa berat, dan berjihadlah dengan harta dan dirimu di jalan Allah. Yang demikian itu adalah lebih baik bagimu jika kamu mengetahui.(QS 9:41)

    6. Orang-orang yang beriman kepada Allah dan hari kemudian, tidak akan meminta izin kepadamu untuk (tidak ikut) berjihad dengan harta dan diri mereka. Dan Allah mengetahui orang-orang yang bertakwa.(QS 9:44)


    7. Allah menjanjikan kepada kamu harta rampasan yang banyak yang dapat kamu ambil, maka disegerakan-Nya harta rampasan ini untukmu dan Dia menahan tangan manusia dari (membinasakan) mu (agar kamu mensyukuri-Nya) dan agar hal itu menjadi bukti bagi orang-orang mukmin dan agar Dia menunjuki kamu kepada jalan yang lurus.(QS 48:20)


    8. “Hai, Nabi, perangilah orang-orang kafir dan orang-orang munafik dan bersikap keraslah terhadap mereka.”(Sura 66:9),


    BalasHapus
    Balasan
    1. hhahaha so tau lu,,,kajian islam penuh dengan makna dan tafsir nya pun banyak,,, jadi lo cman ngomong tanpa ilmu,,, emang injil lo,,, tiap tahun berubah seperti undang".

      Hapus
    2. Setahu saya agama apapun pasti ikut apa kata kitabnya bukan ikut tafsiran sana sini manusia. Bukankah demikian? Contoh, jika tafsiran al quran or al kitab or sejenis buku suci lainnya mengajarkan hal yg benar tp tafsuran manusia itu mngajarkan yg salah begitu juga sebaliknya, apa kita mengikuti tafsiran2 yg menyesatkn kita?

      Hapus
    3. Setahu saya agama apapun pasti ikut apa kata kitabnya bukan ikut tafsiran sana sini manusia. Bukankah demikian? Contoh, jika tafsiran al quran or al kitab or sejenis buku suci lainnya mengajarkan hal yg benar tp tafsuran manusia itu mngajarkan yg salah begitu juga sebaliknya, apa kita mengikuti tafsiran2 yg menyesatkn kita?

      Hapus
    4. Agama buddha belum pernah mengjarkan kita untuk neyerang,membandingkan,dll kami tidak menyembah manusia buddha itu guru tapi buddha juga bukan tuhan buddha ingin semua nya dapat merasakan alam kebahagiann jadi jangan asal berbicara pelajari jangan asal ambil kesimpulan

      Hapus
    5. Coba sandingkan ayat ayat alqur,an tentang perang dan penaklukan dg Al Kitab yg membantai semua musuh yv kalah.
      coba kupas ayat ayat di Alqur,an dan Al Kitab disandingkan dg ilmu pengetahuan yg sdh diakui kebenarannya
      Coba sandingkan ayat ayat di AlQur,an dan Al Kitab, manakah yg ada pertentangan antar ayat ayatnya, kalau terjadi banyak pertentangan dan terjadi banyak yg in konsisten, maka yg bamyak pertentangan berarti buatan manusia yg serba terbatas

      Hapus
    6. Sesungguhnya kau bukan orang yang mengerti dengan kitab ku

      Hapus
    7. Saya cmn mau memberitahukan kalau orang yang berkomentar dengan kata2 kasar itu SDH jadi besar buat kau.jadi sy cmn mau mengingatkan buat kamu yang berkomentar dengan memakai kata2 kasar.. janganlah kalian kan umat beragama cintailah agama masing-masing jangan saling merendahkan kita kan Bhineka Tunggal Ika

      Hapus
  7. saran saya untuk penulis di blog ini.boleh anda menyebut agama anda yang paling benar. tetapi pengetahuan anda tentang agama lain belum mendalam.jangan berani menilai jika anda sendiri tidak mengerti yang sebenarnya diajarkan. anda hanya salh presepsi.sadarkah diri anda fanati,san itu menyebabkan anda tidak pernah berbahagia dengan agama anda sendiri.apapunu itu agamanya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. BENAR. Apapun agamax, fanatiklah kepada Tuhanmu, bukan fanatik membandingkan agama.

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    3. BENAR. Apapun agamax, fanatiklah kepada Tuhanmu, bukan fanatik membandingkan agama.

      Hapus
  8. 2. (QS 3:57)
    Adapun orang-orang yang beriman dan mengerjakan amalan-amalan yang saleh, maka Allah akan memberikan kepada mereka dengan sempurna pahala amalan-amalan mereka; dan Allah tidak menyukai orang-orang yang zalim.

    jangan lah mengambil ayat AL-QUR'AN cuma sepenggal-sepenggal, karena ayat dalam Al-Qur'an berhubungan satu dengan yang lain dan akan merubah makna dan pengertian dari ayat tersebut.

    kalau kita pelajari semua agama pasti mengajarkan kebaikan dan ketuhanan
    semua agama punya kisah dan ceritanya masing-masing
    semua punya sudut pandang masing-masing
    tapi kalau diperhatikan semua saling terhubung banyak persamaan yang membedakan cuma tokoh yang diceritakan, tempat dan waktu kejadian, jalan ceritanya banyak yang mirip, kalau kita pelajari agama kita dengan benar dan mau membuka hati dan fikiran kita maka kita akan menemukan satu tuhan yaitu tuhan dari semua agama, karena pada dasarnya tuhan di dunia ini cuma ada satu dan hanya satu yang membedakannya hanya cara kita memujanya atau menyanjungnya atau menyembahnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dikisahkan ada 5 orang individual dan masing-masing dari mereka mempunyai pemikiran yg berbeda dan cara hidup yg berbeda pula, 4 dari mereka bisa hidup dengan akur tanpa ada permasalahan,__________sedangkan untuk individu yg 1 ini malah sebaliknya dan merasa bahwa pemikirannya paling absolut di bandingkan dengan individu lainnya

      Hapus
    2. Gpp kita adu pemikiran. Gpp kita be rpikir agama yg kita anut yg teebaik dan terbenar. Yg tdk boleh adalah maksakan pemikiran kita kepada orang lain. Gpp kita berpendapat apa saja, hasil ahirnya tergantung kita masing maaing. Untuk itu memang peelu adu argumentasi dari masing masing pihak. Tunjuk orang yg paling ngerti, paling pinter di agama maaing masing, lalu berdiskusi dan berdebat dg semua kemampuan yg ada dan disaksikan oleh seluruh halayak, biar masarakat tidk dinodohi dg dogma dan jargon, biar masyarakat menilai sendiri, mana yg bemar dan mana yg asal bunyi. Biar masyarakat tahu perbandingannya dlm memabahas topik topik tertentu. selamat berdiskusi asal jng memaksakan kehemdak, biarkan masyarakat mengambil keputusannya

      Hapus
  9. MENURUTMU islam yang terbaik? Benarkah?

    Sebagai CONTOH: Agama Budha adalah agama yang menyembah MANUSIA:
    Menyembah manusia? Orang yang beragama Budha tidak pernah menyembah manusia, dan tidak pernah menyembah berhala (patung). Jika kalian bilang "Orang budha menyembah patung!" Kalian mau gak dibilang "Orang ISLAM nyembah dinding!!"? Gak mau kan? makanya jangan menghina!


    BalasHapus
    Balasan
    1. ada benernya juga lu...
      wkaokwoakowka

      Hapus
    2. sebenarnya agama buddha itu menyembah tuhan yang bernama sang buddha..makanya di buat patung mirip budha ..kenapa kok bisa tau kalau buddha itu mirip seperti manusia ? karena dulu umat umat budha pernah bertapa sampai bertahun2 kemudian ia bisa membuka 7 cakra di dalam dirinya.. akhirnya ia bisa berinteraksi dengan tuhan/ berkomunikasi dengan tuhan. itupun juga bisa melihat tuhan / makhluk kasat mata dari itu umat buddha tau bagaimana wujud budha. sama juga agama hindu bisa melihat kasat mata makanya tau kalau di sekelilingya itu ada tuhan dan pengikut2 tuhan yaitu dewa sebenarnya malaikat itu sama dengan dewa.

      Hapus
    3. sebenarnya agama buddha itu menyembah tuhan yang bernama sang buddha..makanya di buat patung mirip budha ..kenapa kok bisa tau kalau buddha itu mirip seperti manusia ? karena dulu umat umat budha pernah bertapa sampai bertahun2 kemudian ia bisa membuka 7 cakra di dalam dirinya.. akhirnya ia bisa berinteraksi dengan tuhan/ berkomunikasi dengan tuhan. itupun juga bisa melihat tuhan / makhluk kasat mata dari itu umat buddha tau bagaimana wujud budha. sama juga agama hindu bisa melihat kasat mata makanya tau kalau di sekelilingya itu ada tuhan dan pengikut2 tuhan yaitu dewa sebenarnya malaikat itu sama dengan dewa.

      Hapus
    4. +gustut kusuma.buddha berbeda dengan tuhan.patung buddha hanyalah sebagai pengingat kita terhadap ajaran-NYA.jika anda belum mengetahui lebih lanjut tentang agama buddha tolong jangan menjelaskan begitu.maaf saya tidak bermaksud menyinggung

      Hapus
  10. Kami umat buddha bukan meyembah tapi menghormat kepda yang patut dihormati patung atau apalah menurut anda hanya simbol pelaku kebajikan,,,kami tidak pernah minta-minta(panjang umur,rejeki,jodoh dll kami bukan pengemis) karena kita manusia lahir dari perbuatannya sendiri,berhubungan dengan perbuatannya sendiri,dilindungi oleh perbutannya sendiri, ,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dan mewarisin perbuatan kita sndiri :)

      Hapus
    2. Dan mewarisin perbuatan kita sndiri :)

      Hapus
    3. *perbaikan: Dan mewarisi hasil perbuatan sendiri

      Hapus
  11. Kalau anda merasa agama anda paling benar. Brarti agama anda bnr2 luar binasa. Di anjurkan menghina agama lain. Dlm agam sy tdk ada di anjurkn mnghina agama org lain.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar. Dari beberapa pemeluk agama yg saya ketahui jg kitabnya. Hanya kitab Islamlah yg mempelajari dan membandingkan agama lain. Sedangkan agama lainnya hanya mengutamakn dan mempelajari ajarannya sendiri. Hal ini menunjukkan, yg mempelajari agama lain membuktikan dirinya bahwa kecintaannya kepada agama dan kitabnya sangat kurang.

      Hapus
    2. Benar. Dari beberapa pemeluk agama yg saya ketahui jg kitabnya. Hanya kitab Islamlah yg mempelajari dan membandingkan agama lain. Sedangkan agama lainnya hanya mengutamakn dan mempelajari ajarannya sendiri. Hal ini menunjukkan, yg mempelajari agama lain membuktikan dirinya bahwa kecintaannya kepada agama dan kitabnya sangat kurang.

      Hapus
    3. Bagaimana kita tahu suatu kebenaran kalau tdk dibandingkan. Dg membandingkan bisa membuka cakrawala dan wawasan kita tentang sesuatu. Untuk kita bisa maju dlmembuatan pesawat, maka kita bandingkan peoduk kita dg prosok orang lai dlm tipe yg sama. Kalau tdk bangkrutlah usaha kita, karean tdk kompwtitif, dikiranya produk kita yg paling baik. Membandingkan gpp yg penting jgn memksakan kehendak

      Hapus
  12. semua agama benar

    tergantung bagaimana kita menjalankannya

    BalasHapus
  13. Islam itu agana tafsir-tafsiran ( mereka-reka/ menduga-duga ) dan dalil-dalil ( alasan - alasan ) ilias suka ngeles..

    BalasHapus
  14. Islam itu agana tafsir-tafsiran ( mereka-reka/ menduga-duga ) dan dalil-dalil ( alasan - alasan ) ilias suka ngeles..

    BalasHapus
  15. Aku pikir Otaknya si penulis agak geser ke'kiri 10cm,
    Sorry, keceplosan.
    Aku setuju dengan temanya, tapi gak setuju dengan pembahasannya.
    #terlalu nge'Judge kepercayaan orang tanpa memahami maksudnya.

    Aku setuju "sedikit" dengan para komen",
    #ketika mau menilai sebuah kepercayaan harusnya dilihat dari kacamata Netral (mungkin si penulis dah min 69)

    I'm MOSLEM, and i'm NOT Terrorist,
    Buat si penulis yang mungkin tapi aku sangat percaya jika ilmunya masih dangkal alias cetek(jawa). Saya sendiri pun juga masih belajar,
    Islam itu rumit, susah, penuh misteri dan teka-teki. Tapi dibalik itu ada keindahan yang tersembunyi..
    Al-Quran = petunjuk/pedoman hidup umat muhammad (moslem)

    #forall
    Jangan hanya membaca tafsirannya saja tapi juga harus dicari makna atau arti yang sesungguhnya dari tafsiran tersebut.
    Bila yang dianut sekedar tafsiran belaka, aku yakin jadinya samadengan otak" radikal genk. Berteriak" jihad tapi merusak.
    Moslem "the real moslem" hanya menyerukan Islam tanpa kekerasan, islam tidak memaksa untuk menganut ajaran ini, islam itu berdasarkan keyakinan, kepercayaan dan hanya bagi mereka yang benar" meyakini. Tanpa mengambil hak" yang lain...
    bukan malah nge'Judge. 
    Harusnya Otak manusia yang harusnya Sync dengan AlQuran bukan malah kebalik Quran yang Sync dengan Otak Manusia #tidak bisa

    Dari pada berdebat untuk masalah yang aku yakin gak bakalan selesai" sampe nanti.kiamat, Lebih baik memikirkan atau membuat Indonesia kita lebih maju, lebih smart lagi. Aku pikir itu cara lebih baik, cara yang paling dewasa untuk negeri ini.

    Mungkin harus mengulang pelajaran SD kelas Satu lagi tentang makna "Bhineka Tunggal Ika"

    #smart #dewasa

    BalasHapus
  16. Sesungguhnya Islam yang lebih baik daripada agama lain dan Islam tidak ingin di duakan (dunia adalah tempat sementara dan akhirat adalah tempat yang kekal)ALLAH swt tidak akan mengampuni dosanya yang menyembah selain ALLAH swt tetapi hanya satu kuncinya yaitu bertaubat kepada ALLAH swt dan mengucapkan 2 kalimat syahadat.Mohon maaf maaf bagi yang tersinggung!!!

    BalasHapus
  17. Klo agama semuax benar maka ga ada istilah halal dan haram,ga bisa jumatan bisa diganti dengan mingguan atau ke gereja,ke pura,ke vihara,. Ga mungkin semuax benar,psti ada slh satu yg benar,.contoh mengerjakan soal yg jwbnx pilihan ganda a,b,c,d dan e.. Apa iya jwbnx benar semua,atau apa mungkin anda silang semua jwbnx...so pikir sndiri ya...klo anda memank manusia yg cerdas,berpikir logika, pasti anda berpendapat: islam adlh agama yg tepat...

    BalasHapus
  18. Klo agama semuax benar maka ga ada istilah halal dan haram,ga bisa jumatan bisa diganti dengan mingguan atau ke gereja,ke pura,ke vihara,. Ga mungkin semuax benar,psti ada slh satu yg benar,.contoh mengerjakan soal yg jwbnx pilihan ganda a,b,c,d dan e.. Apa iya jwbnx benar semua,atau apa mungkin anda silang semua jwbnx...so pikir sndiri ya...klo anda memank manusia yg cerdas,berpikir logika, pasti anda berpendapat: islam adlh agama yg tepat...

    BalasHapus
  19. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  20. Huu..bagimu agamamu, bagiku agamaku. Tiada tuhan selain allah. I like moslem.
    Aku indonesia
    Perbedaan itu indah. Bhineka tunggal ika.
    "Sani tawainella" seng ada waktu yang cukup, for tentukan siapa yg benar deng sapa yang salah.
    Satu bangsa, bangsa indonesia
    Wahai kawan Janganlh berpikran picik, sempit.

    BalasHapus
  21. saya muslim dan sya menghormti agama orang lain

    BalasHapus
  22. Sy kristiani dan sangat menghargai agama lain. kita semua punya kepercayaan masing2. Boleh membenarkan kepercayaannya, tpi jangan menyalahkan kepercayaan orang lain. Sy tidak menyalahkan komentar2 yg ada. Tpi artikelnya ini yg membuat pertentangan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul sekali...saya muslim dan anda kristen, menurut saya saya bnr, menurut anda anda bnr...hak masing2,...ini indonesia negara dg 5 agama yg diakui,...dan menurut saya tdk ada agama yg mengajarkan untuk menyalahkan keyakinan orang lain

      Hapus
    2. Sangat setuju, hidup Indonesia, bersatu kita teguh bercerai kawin lagi #eh kita runtuh.. Mari kita saling bergandeng tangan tanpa melihat perbedaan, musuh utama adalah diri kita bisakah kita mengatasi semua nafsu yg ada dalam diri kita sendiri sebelum kita menengok ke orang lain

      Hapus
  23. Sy moslem semua agama Tujuanya sama menyembah allah/tuhan yg maha esa cuma caranya beda. Mungkin yg suka menghujat agama lain itu aliran sesat bisa jadi dia itu teroris..
    Atao tdak sekola.

    BalasHapus
  24. Saya selaku otang beragam Kristen Khatolik, saya hanya bisa mengatakan, cara boleh berbeda, bahasa, dan tulisan boleh berbeda, tujuannya satukan, pertanyaan untukmu apa tujuan ada sholat, dan mau keman kamu di akhirat nanti?

    BalasHapus
  25. Saya selaku otang beragam Kristen Khatolik, saya hanya bisa mengatakan, cara boleh berbeda, bahasa, dan tulisan boleh berbeda, tujuannya satukan, pertanyaan untukmu apa tujuan ada sholat, dan mau keman kamu di akhirat nanti?

    BalasHapus
  26. Subhanallah bagimu agamamu bagiq agama q
    ... sesunguh nya konsep islam adlah islam rahmatan lilalamin
    muhammad pemberi rahmat menyayangi atas mhluk di alam semsta
    sesungguh moeslin sabgatlah lembut .bukan dgn munjukkan aksi yg mmberi reaksi buruk dimata pembaca...
    saya slaku moslim tanpa mngurangi rasa hormat ..islam itu sngat mnghargaj org lain ...ini hanya oknun nya saja yg kurang belajar..nagku muslim tapi gak ngerti alquran sebagai ptunjuk

    BalasHapus
  27. Perlu anda ketahui bahwa hindu memang menyembah dewa. Tetapi dewa yang dimaksud adalah simbol dari sang hyang widhi layaknya seperti bendera merah putih merupakan simbol dari bangsa indonesia. Karena kita ketahui bahwa tuhan kasat mata. Mengapa kami menyembah banyak dewa karena dewa bagaikan sungai walaupun banyak bercabang cabangtetapi akhirnya menuju lautan juga. Kami menyembah semuanya yang kami anggap benar. Kami menyembah tumbuhan kelak kemudian tumbuhan tersebut menyembah kami. Kami menyembah pura yang andq anggap batu . Sebenarnya pura juga merupakan simbol dari sang hyang widi agar saat bersembahyang kita dapat memusatkan pikiran dengan sempurna . Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. dekk ... kenken ne nak ngae artikelne?? ajaran yo gen orahanne paling beneh

      Hapus
    2. dekk ... kenken ne nak ngae artikelne?? ajaran yo gen orahanne paling beneh

      Hapus
  28. bukannya menjelekan agama... semua agama ajarannya beda beda namun tujuannya sama yaitu menyembah tuhan ... sebenarnya yang buat artikel ini gak boleh ikut campur urusan agama lain.. kita harus menghormati agama orang walaupun beda ajaranya..

    BalasHapus
  29. Tuhan Yesus TIDAK membunuh siapapun. Betapa Bahayanya meneladani seseorang yang Membunuh. Apalagi dia sudah Membunuh Banyak orang. Lihat sendiri Dampaknya. Peradaban manusia menjadi buruk. Sejarah umat manusia menjadi kelam. Mulai dari Intoleransi sampai Terorisme. Tanyakan saja kepada Densus 88. Kita bisa lihat sendiri bahwa saat ini semua umat manusia sedang Pusing akan 1 hal. Yaitu 1 ideologi (agama) yg menjadi BEBAN bagi seluruh umat manusia. Saat ini PBB (United Nations) sedang Pusing akan 1 hal. Begitu juga Uni Eropa, Africa, America, Asia, Australia, Asean, bahkan juga termasuk OKI mengakui hal itu. Semuanya Pusing akan 1 hal, yaitu suatu ideologi (agama). Yaitu suatu ideologi yg berusaha Meneladani seseorang yang Membunuh Banyak orang. Betapa Bahayanya meneladani seseorang yang Membunuh banyak orang. The world needs LOVE. Dunia membutuhkan Cinta Kasih. Dunia ini perlu Meneladani Tuhan Yesus, karena Ajaran dan Teladan Tuhan Yesus cuma 1, yaitu LOVE, Cinta Kasih.

    BalasHapus
  30. Tuhan tidak perlu di bela karena hanya dialah yang maha esa,,,Jalani saja perintah kitab agamu, dan jika kitab agamamu menganjurkan untuk membandingkan agama lain silahkan saja,,,beres

    BalasHapus
  31. Tuhan Yesus Tidak membunuh siapapun. Amat penting bagi umat manusia untuk meneladani seseorang yang Tidak membunuh. Sebaliknya, sungguh amat berbahaya bila umat manusia meneladani seseorang yang Membunuh. Apalagi dia sudah membunuh banyak sekali manusia. Sejarah sudah membuktikan itu sejak abad ke-7. Peradaban bangsa-bangsa menjadi Buruk. Sejarah umat manusia menjadi Kelam. Mulai dari Kebencian, Intoleransi, Perang, hingga Terorisme. Tanyakan saja kepada Densus 88. Dari ratusan kasus teror yang ditangani oleh Densus 88 Anti Teror dan BNPT (Badan Nasional Penanggulangan Terorisme) semuanya 100% berasal dari suatu agama tertentu.
    Di negara-negara dan bangsa-bangsa yang didominasi agama yang meneladani seseorang yang Membunuh selalu dipenuhi ciri-ciri ini : Kebencian, Konflik, Terorisme, Perang, Jutaan pengungsi eksodus, Bom bunuh diri, Intoleransi, Penindasan, Diskriminasi, Saling Bunuh-membunuh, Perempuan dinomorduakan, poligami merajalela, Kekejaman merajalela, Science and technology Sulit berkembang, Ilmu Kesehatan dan Kedokteran Sulit meningkat, Inovasi Sulit tercipta, Education tertinggal, Pertanyaan dianggap Penghujatan, Kritik dianggap Penghinaan, Music and Arts sulit berkembang, Sports sulit berjaya, Hukuman penggal dan pancung, Pengkafiran, Hak asasi untuk berpindah agama diberangus, Tourism turun drastis, Kebencian terhadap orang lain yang diberi label “kafir”, Pembunuhan terhadap mereka yang diberi label “murtad”, Ketidakadilan, Tidak ada Stabilitas dan Kedamaian Nasional, dan lain-lain.

    BalasHapus
  32. Sebaliknya, Tuhan Yesus TIDAK membunuh siapapun. Tuhan Yesus bahkan memerintahkan setiap manusia untuk mengasihi sesama manusia, sesama ciptaan Allah tanpa kecuali, tanpa batas agama, tanpa batas keyakinan, tanpa batas apapun. “Kasihilah Tuhan Allahmu dengan segenap akalmu dan kekuatanmu, dan Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri”. “Bahkan Kasihilah mereka yang berbuat jahat kepadamu karena mereka sesungguhnya tidak mengerti apa yang mereka perbuat”.
    Dan Tuhan Yesus Kristus bukan hanya mengajarkannya, namun DIA benar-benar MELAKSANAKANNYA setiap hari setiap detik secara SEMPURNA. Dia selalu setiap hari setiap detik Melakukan yang Terbaik bagi Sang Pencipta dan Semua ciptaan-NYA.
    Bangsa-bangsa yang berusaha sekuat tenaga untuk meneladani Cinta Kasih Tuhan Yesus Kristus memiliki ciri-ciri ini : Kedamaian, Ketentraman, Kesejahteraan, Kemakmuran, Kepedulian kepada sesama manusia, Science & Technology berkembang pesat, Ilmu Kesehatan, Pangan, & Kedokteran tumbuh pesat, Inovasi selalu tercipta, Music and Arts sangat baik, Sports berjaya, Tidak ada label “kafir”, tidak ada label “murtad”, Keadilan sosial, Hukuman yang mendidik bukan hukuman yang membunuh, Pariwisata (Tourism) ramai dikunjungi para turis dari semua bangsa dan dari semua agama, Education terbaik sedunia, Hak asasi manusia ditegakkan, Hak asasi untuk berpindah agama dilindungi, Pertanyaan tentang agama dijawab, bukan dianggap penghujatan, Kritik terhadap agama Tidak dianggap Penghinaan, melainkan sumber introspeksi, koreksi, pertobatan, dan kebaikan bagi agama itu, Sarana dan fasilitas bagi kesejahteraan publik sangat baik, dan lain-lain.

    BalasHapus
  33. Saat ini seluruh dunia sedang Pusing akan 1 hal. PBB (United Nations) sedang Pusing akan 1 Problem Besar. Begitu juga dengan Uni Eropa, Africa, America, Asia, Australia, Asean, bahkan termasuk juga negara-negara anggota OKI mengakui hal itu. Yaitu Problem yang berasal dari suatu ideologi (agama). Agama ini menjadi BEBAN bagi seluruh umat manusia. Seluruh dunia sedang Terbebani oleh suatu ideologi (agama), yaitu agama yang berusaha meneladani seseorang yang telah membunuh banyak orang. Membunuh sesama ciptaan Sang Pencipta. Mereka yang mengimani ideologi ini berusaha sekuat tenaga untuk meneladani seseorang yang membunuh banyak manusia demi memperoleh “Upah sorga dan bidadari”.
    Sungguh berbahaya bila umat manusia meneladani seseorang yang membunuh banyak orang. Sejarah umat manusia Sudah Membuktikannya sejak abad ke-7. Dampaknya bagi peradaban dan sejarah umat manusia sangat Buruk.
    Bahkan agama ini menciptakan Kebencian ( Hatred ) terhadap orang lain yang diberi label “kafir”.
    Bagaimana mungkin Sang Pencipta mengajarkan ciptaan-Nya untuk membenci ciptaan-Nya yang lain. Bagaimana mungkin seorang Ayah yang Bijak mengajarkan anaknya untuk membenci anaknya yang lain.

    BalasHapus
  34. Anda tahu apa bedanya Hatred and Love ?
    Hatred Kills! Love Creates LIFE !
    Kebencian menciptakan Kematian. Cinta Kasih menciptakan Kehidupan !
    Love is GOD. GOD is Love. Wherever there is GOD, there is Love. Wherever there is Love, there is GOD.
    The world needs Love. The whole universe needs Love. Seluruh dunia membutuhkan Cinta Kasih. Seluruh alam semesta membutuhkan Cinta Kasih. Setiap sel hidup, setiap kromosom, setiap organ, setiap molekul, setiap inti atom, setiap partikel, setiap substance, setiap zat apapun yang ada di seluruh galaksi yang ada di alam semesta ini Hanya membutuhkan 1 hal untuk bisa bertahan hidup, yaitu LOVE.
    Oleh karena itu seluruh umat manusia dan seluruh alam semesta ini Harus Meneladani Tuhan Yesus Kristus. “Jadikanlah semua bangsa murid-KU”….. Dan ajarkanlah mereka segala sesuatu yang telah AKU ajarkan kepadamu”.
    Ajaran dan Teladan Tuhan Yesus Kristus Cuma 1, hanya 1, satu-satunya, Tidak lebih dari 1, One and only, Tidak ada Ajaran-NYA yang lain selain yang 1 ini, apakah itu ???
    Anda Benar sekali !!! Love ……. Cinta Kasih
    Kasihilah Tuhan Allahmu dengan segenap akalmu dan kekuatanmu. Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri.
    Selalu setiap hari setiap detik Melakukan yang TERBAIK bagi Sang Pencipta dan semua ciptaan-NYA.

    BalasHapus
  35. Tuhan Yesus Tidak membunuh siapapun. Amat penting bagi umat manusia untuk meneladani seseorang yang Tidak membunuh.

    Sebaliknya, sungguh amat berbahaya bila umat manusia meneladani seseorang yang Membunuh. Apalagi dia sudah membunuh banyak sekali manusia. Sejarah sudah membuktikan itu sejak abad ke-7. Peradaban bangsa-bangsa menjadi Buruk. Sejarah umat manusia menjadi Kelam. Mulai dari Kebencian, Intoleransi, Perang, hingga Terorisme. Tanyakan saja kepada Densus 88. Dari ratusan kasus teror yang ditangani oleh Densus 88 Anti Teror dan BNPT (Badan Nasional Penanggulangan Terorisme) semuanya 100% berasal dari suatu agama tertentu.

    Di negara-negara dan bangsa-bangsa yang didominasi agama yang meneladani seseorang yang Membunuh selalu dipenuhi ciri-ciri ini : Kebencian, Konflik, Terorisme, Perang, Jutaan pengungsi eksodus, Bom bunuh diri, Intoleransi, Penindasan, Diskriminasi, Saling Bunuh-membunuh, poligami merajalela, Perempuan dinomorduakan, Kekejaman merajalela, Science and technology Sulit berkembang, Ilmu Kesehatan dan Kedokteran Sulit meningkat, Inovasi Sulit tercipta, Education tertinggal, Pertanyaan dianggap Penghujatan, Kritik dianggap Penghinaan dan Penistaan, Music and Arts sulit berkembang, Sports sulit berjaya, Kerusakan alam, Kebodohan merajalela, Kepala manusia dipenggal, Tangan manusia dipancung, 2 insan manusia dirajam hingga mati, Pengkafiran, kecerdasan anak bayi dibawah rata-rata, Hak asasi untuk berpindah agama diberangus, Tourism turun drastis, Kebencian terhadap orang lain yang diberi label “kafir”, kemunafikan dimana-mana, Pembunuhan terhadap mereka yang diberi label “murtad”, Ketidakadilan sosial, dan lain-lain.

    Sebaliknya, Tuhan Yesus TIDAK membunuh siapapun. Tuhan Yesus bahkan memerintahkan setiap manusia untuk mengasihi sesama manusia, sesama ciptaan Allah tanpa kecuali, tanpa batas agama, tanpa batas keyakinan, tanpa batas apapun. “Kasihilah Tuhan Allahmu dengan segenap akalmu dan kekuatanmu, dan Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri.”
    “Bahkan Kasihilah mereka yang berbuat jahat kepadamu karena mereka sesungguhnya tidak mengerti apa yang mereka perbuat.”

    Dan Tuhan Yesus Kristus bukan hanya mengajarkannya, namun DIA benar-benar MELAKSANAKANNYA setiap hari setiap detik secara SEMPURNA. Dia selalu setiap hari setiap detik Melakukan yang Terbaik bagi Sang Pencipta dan Semua ciptaan-NYA.

    Bangsa-bangsa yang berusaha sekuat tenaga untuk meneladani Cinta Kasih Tuhan Yesus Kristus memiliki ciri-ciri ini : Kedamaian, Ketentraman, Kesejahteraan, Kemakmuran, Kepedulian kepada sesama manusia, Science & Technology berkembang pesat, Ilmu Kesehatan, Pangan, & Kedokteran tumbuh pesat, Inovasi selalu tercipta, Music and Arts mengagumkan, Sports berjaya, Tidak ada label “kafir”, tidak ada label “murtad”, Keadilan sosial, Hukuman yang mendidik bukan hukuman yang membunuh, Pariwisata (Tourism) ramai dikunjungi para turis dari semua bangsa dan dari semua agama, Kecerdasan anak bayi diatas rata-rata, Alam indah menakjubkan, Education terbaik sedunia, Hak asasi manusia ditegakkan, Hak asasi untuk berpindah agama dilindungi, Pertanyaan tentang agama dijawab, bukan dianggap penghujatan, Kritik terhadap agama Tidak dianggap Penghinaan, melainkan sumber introspeksi, koreksi, pertobatan, dan kebaikan bagi agama itu, Sarana dan fasilitas bagi kesejahteraan publik sangat baik, dan lain-lain.

    .

    BalasHapus
  36. Saat ini seluruh dunia sedang Pusing akan 1 hal.

    PBB (United Nations) sedang Pusing akan 1 Problem Besar. Begitu juga dengan Uni Eropa, Africa, America, Asia, Australia, Asean, bahkan termasuk juga negara-negara anggota OKI mengakui hal itu. Yaitu Problem yang berasal dari suatu ideologi (agama). Agama ini menjadi BEBAN bagi seluruh umat manusia. Seluruh dunia sedang Terbebani oleh suatu ideologi (agama), yaitu agama yang berusaha meneladani seseorang yang telah membunuh banyak orang. Membunuh sesama ciptaan Sang Pencipta. Mereka yang mengimani ideologi ini berusaha sekuat tenaga untuk meneladani seseorang yang membunuh banyak manusia demi memperoleh “Upah sorga dan bidadari.”

    Sungguh berbahaya bila umat manusia meneladani seseorang yang membunuh banyak orang. Sejarah umat manusia Sudah Membuktikan itu sejak abad ke-7. Dampaknya bagi peradaban dan sejarah umat manusia adalah Buruk.

    Bahkan agama ini menciptakan Kebencian ( Hatred ) terhadap orang lain yang diberi label “kafir”.

    Bagaimana mungkin Sang Pencipta mengajarkan ciptaan-Nya untuk membenci ciptaan-Nya yang lain.

    Bagaimana mungkin seorang Ayah yang Bijak mengajarkan anaknya untuk membenci anaknya yang lain.


    Anda tahu apa bedanya Hatred and Love ?
    Hatred Kills! Love Creates LIFE !
    Kebencian menciptakan Kematian. Cinta Kasih menciptakan KEHIDUPAN !

    Love is GOD. GOD is Love. Wherever is GOD, there is Love. Wherever is Love, there is GOD.

    The world needs Love. The whole universe needs Love. Seluruh dunia membutuhkan Cinta Kasih. Seluruh alam semesta membutuhkan Cinta Kasih.

    Setiap sel hidup, setiap kromosom, setiap organ, setiap molekul, setiap inti atom, setiap partikel, setiap substance, setiap zat apapun yang ada di semua galaksi yang ada di seluruh alam semesta ini Hanya membutuhkan 1 hal untuk bisa bertahan hidup, yaitu LOVE.
    Oleh karena itu seluruh umat manusia dan seluruh alam semesta ini Harus Meneladani Tuhan Yesus Kristus.

    “Jadikanlah semua bangsa murid-KU….. Dan ajarkanlah mereka segala sesuatu yang telah AKU ajarkan kepadamu.”

    Ajaran dan Teladan Tuhan Yesus Kristus Cuma 1, hanya 1, satu-satunya, 1 saja, Tidak lebih dari 1, One and only, Tidak ada Ajaran-NYA yang lain selain yang 1 ini, apakah itu ???

    Anda Benar sekali !!! Love …...Cinta Kasih

    “Kasihilah Tuhan Allahmu dengan segenap akalmu dan kekuatanmu. Dan Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri.”

    Selalu setiap hari setiap detik Melakukan yang TERBAIK bagi Sang Pencipta dan Semua ciptaan-NYA.


    .

    BalasHapus
  37. Anda punya suatu Problem yang Sangat Besar? Suatu Problem yang Lebih Besar dari kekuatan manusia, bahkan Lebih Besar dari kekuatan seluruh umat manusia.

    Misalkan anak yang sangat anda sayangi terbaring di Ruang ICU Rumah Sakit, dan para dokter mengatakan bahwa mereka sudah berupaya Maksimal untuk menyelamatkan nyawa anak anda, dan mereka mengatakan bahwa anda harus berserah kepada Yang Maha Kuasa karena waktu anak anda hanya tinggal beberapa jam lagi.

    Saya minta anda ucapkan kalimat ini tepat di samping anak anda itu :
    “Tuhan Yesus, Selamatkanlah anakku.”

    Ucapkanlah dengan Bersuara, Jangan di dalam hati. Kalimat itu harus Jelas terdengar dari mulut anda. Ucapkanlah berulang-ulang.

    Maka anda akan melihat Mujizat Besar Terjadi. Anda akan melihat Pencipta langit dan bumi Bertindak Menyelamatkan anak anda. DIA bertindak karena mendengar Nama-NYA dipanggil, meskipun dipanggil oleh seseorang yang belum dibaptis, belum sepenuhnya Percaya, dipanggil oleh iman yang sangat kecil karena sebenarnya anda masih meragukan Nama-NYA, namun DIA akan Segera BERTINDAK!

    Tangan-NYA akan Bergerak menunjukkan Kuasa-NYA yang Dahsyat karena DIA sangat Menghargai Keberanian dan Ketulusan anda Memanggil Nama-NYA.

    Tuhan Yesus Sang Pencipta alam semesta ini dan juga Sang Juru Selamat umat manusia itu akan Segera Bertindak menyelamatkan anak anda.

    Do it and See it !!!

    .

    BalasHapus
  38. saya adalah muslim.hanya satu pesan yang saya ingin sampaikan kepada umat kristen,hindu,budha,dll.Cobalah kalian Lakukan sholat lima waktu sekali saja.dan yakinilah kedamaian hati akan datang pada diri anda.

    BalasHapus
  39. Aan Hendro. saya hindu. kamu mau gk melakukan sembahyang seperti umat hindu lakukan sekali saja. jangan nyuruh orang sebelum kamu melakukan sendiri apa yang kmu katakan. salam damai

    BalasHapus
    Balasan
    1. (Salam damai juga) Kamu bukan penyembah apa yg aku sembah dan aku tidak pernah menjadi penyembah apa yang kamu sembah. Jika aku melakukanya aku akan menjadi bagian dari agamamu. Oleh karena itu untukmu agamamu dan untuk ku agama ku

      Hapus
  40. Pengarang,saya memohon dengan sangat...jika anda belum mengenal agama lain,tolong jangan memyimpulkan demikian apalagi sampai mempublikasikan nya.kami saja menghormati agama kalian,jadi tolong kalian juga begitu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oleh karena itu, ia sudah paham jadi ia berani mempublikasikan

      Hapus
  41. Jangan berkomentar atau menyimpulkan sesuatu yang bahkan anda sendiri belum mengertinya sepenuhnya.

    BalasHapus
  42. apa kalian ini sudah mengerti tentang kitab kitab suci?dan kali sudah mengerti tk tanya kitab yang paling sempurna dan kitab sbg pedoman hidup seluruh umat manusia itu kitab apa?klo sudah tau mengapa kalian ga mempelajarinya

    BalasHapus
  43. apa kalian ini sudah mengerti tentang kitab kitab suci?dan kali sudah mengerti tk tanya kitab yang paling sempurna dan kitab sbg pedoman hidup seluruh umat manusia itu kitab apa?klo sudah tau mengapa kalian ga mempelajarinya

    BalasHapus
  44. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  45. Agama terbaik adalah yang lebih mendekatkan Anda pada Cinta (TUHAN), yaitu agama yang membuat Anda menjadi orang yang lebih baik."

    Apakah tanda agama yang membuat kita menjadi lebih baik?"

    "Agama apa pun yang bisa membuat Anda Lebih welas asih, lebih berpikiran sehat, lebih objektif dan adil, lebih menyayangi, lebih manusiawi, lebih punya rasa tanggungjawab, lebih beretika, agama yang punya kualitas seperti yang saya sebut adalah agama terbaik,"

    Jagalah pikiranmu, karena akan menjadi perkataanmu
    Jagalah perkataanmu, karena akan menjadi perbuatanmu
    Jagalah perbuatanmu, karena akan menjadi kebiasaanmu
    Jagalah kebiasaanmu, karena akan membentuk karaktermu
    Jagalah karaktermu, karena akan membentuk nasib/kammamu
    Jadi nasib/kammamu berawal dari pikiranmu...

    BalasHapus
  46. tidak tahu itu wajar.. sok tahu itu adalah kata lain dari kebodohan..

    BalasHapus
  47. tidak tahu itu wajar.. sok tahu itu adalah kata lain dari kebodohan..

    BalasHapus
  48. tidak tahu itu wajar.. sok tahu itu adalah kata lain dari kebodohan..

    BalasHapus
  49. menurut saya yang paling benar agama hindu, terserah yang lain mau bilang apa...aku percaya agamaku sendiri..agamaku yang paling benar.

    BalasHapus
  50. Knp harus saling menghina agama...setiap orang pasti menganggap agama yg dianut benar...,kalau masih mau menghina agama orang lain knp tidak mendirikan negara sendiri saja yg penduduknya seagama...dan satu hal lagi, apa agama kalian yg saling menghina mengajarkan kalian menghina agama orang lain???, dan apakah Tuhan yg kalian sembah membenarkan kita mencela agama dan keyakinan orang lain?

    BalasHapus
  51. surga itu mudah di raih hanya saja malas ngerjainnya
    contoh udah taukan kalau berbuat baik itu balasannya surga, berbuat baik aja kok susah
    berbuat baik dalam hidup aja intinya karena tooo kita belum perna merasakan mati, kita hanya di ceritakan lewat sejarah orang yang duluan hidup tentang agama, menurut anda aja yang benar yang mana karena kita nanti di akhirat jalannya sendiri sendiri tidak bergandengan tangan
    kata anak kuliahan coba kalau saya lebih tua pasti anda lebih muda
    kalimatku muncul dari dalam hati
    saat membaca dan hati merasakan detak jantung berbeda saat membuat kalimat yang pantas sekejap saja

    BalasHapus
  52. Pesan buat penulis, ini buat pelajaran dimasa datang, bila anda punya pendapat jangan membuat sakit hati banyak orang, boleh kita berpendapat dan mempunyai fanatisme namun bukan pada tempatnya anda sampaikan di forum umum seperti ini, apa untungnya buat anda malah menuai kecaman berbagai pihak, apakah anda memang tipe yang senang bila orang lain tersinggung? Saya sbg orang tua hanya bisa mendoakan anda supaya lebih bijak lagi, semoga sukses dan semakin baik disegala hal

    BalasHapus
  53. PENGAKUAN IMAN RASULI

    Aku percaya kepada ALLAH BAPA Yang Maha Kuasa, khalik langit dan bumi.

    Dan kepada Yesus Kristus anakNya yang tunggal, dikandung dari ROH KUDUS, dikandung dari anak darah Maria, yang menderita dibawah pimpinan Pontius Pilatus, diSalibkan, mati dan dikuburkan, pada hari yang ketiga bangkit pula dari antara orang mati, naik ke surga, duduk disebelah kanan ALLAH BAPA Yang Maha Kuasa, dan akan datang dari sana untuk menghakimi orang yang hidup dan yang mati.

    Aku percaya kepada ROH KUDUS,
    Gereja yang Kudus dan Am,
    Persekutuan orang kusus,
    Pengampunan dosa, kebangkitan daging, dan hidup yang kekal.


    #bertobatlah!!

    BalasHapus
  54. Pesan juga buat penulis, berpikirlah positif, bawalah sikap pemikiran dan pembawaanmu untuk lebih dewasa/lebih matang, jangan seakan akan tingkahlaku elo seperti anak2, dan jangan menjelek jelekan agama orang lain, kita sbagai org Indonesia mempunyai adat ketimur timuran, dan arti BINEKA TUNGGAL IKA yakni ''berbeda beda tetapi tetap satu''.Kita sbagai WNI harus tetap satu walaupun agama kita berbeda beda.

    #INDONESIA JAYA😊πŸ’ͺ

    BalasHapus
  55. Sudahlah kawan-kawan untuk apa kalian bertengkar gak ada untungnya juga, kalo kalian bertengkar ini siapa yang rugi ?negara kita yang dengan semboyan "bhineka tunggal ika" ....gak ada yang diributkan .
    Saya seorang muslim tapi saya gak suka melihat orang muslim menghina agama orang lain,
    Sudahalah gak usah ribut, ok agama kita benar muhamad adalah rasul kita dan allah adalah tuhan kita dan al-quran adalah kitab kita yang kita anggap benar itu merupakan kepercayaan dan keyakinan kita.
    Dan ok lagi bahwa kristen itu benar menurut umat-umatnya .
    Dan ok lagi bahwa hindu itu benar menurut pengikut-pengikutnya.
    Dan ok lagi bahwa agama budha itu benar dengan pengikut-pengikutnya
    Dan ok lagi bahwa agama konghucu itu benar oleh pengikut-pengikutnya .

    Sudahlah kalian bertengkar itu karena gak ada untungnya juga ujung-ujungya natik itu perpecahaan yang kasiaan nantik anak cucu kita yang telah lama damai di negeri kita indonesia tercinta ini,,,
    Jangan lah saling tuduh-menuduh bahwa agama kita benar agama orang lain salah ,,, dari hasil pendapat kita tersebut kalo didengar orang agama lain kan bisa marah ujung-ujungnya apa berkelahi ,saling hujat dan sebagainya.
    Jadi begini saja gak usah ribut-ribut lagi anggap aja setiap orang comentar disini kalo agamanya benar, misal saya ni saya percaya bahwa islam itu agama yang paling benar,, dan untuk kalian orang kristen ,hindu ,budha ,konghucu dll udah gak usah ribut kalian anggap aja agama kalian benar.
    Ingat kita hidup di indonesi dengan keragaman suku, agama , dan budaya yang berbeda dan jangan sampai karena masalah agama kita bisa saling bermusuhan .
    Karena perlu diketahui indonesia gak dimerdekan oleh orang islam saja tapi dari agama lain juga meskipun kita mayoritas dan mereka minoritas.
    Tetap jaga persatuaan NKRI Ini.

    BalasHapus
  56. Sudahlah kawan-kawan untuk apa kalian bertengkar gak ada untungnya juga, kalo kalian bertengkar ini siapa yang rugi ?negara kita yang dengan semboyan "bhineka tunggal ika" ....gak ada yang diributkan .
    Saya seorang muslim tapi saya gak suka melihat orang muslim menghina agama orang lain,
    Sudahalah gak usah ribut, ok agama kita benar muhamad adalah rasul kita dan allah adalah tuhan kita dan al-quran adalah kitab kita yang kita anggap benar itu merupakan kepercayaan dan keyakinan kita.
    Dan ok lagi bahwa kristen itu benar menurut umat-umatnya .
    Dan ok lagi bahwa hindu itu benar menurut pengikut-pengikutnya.
    Dan ok lagi bahwa agama budha itu benar dengan pengikut-pengikutnya
    Dan ok lagi bahwa agama konghucu itu benar oleh pengikut-pengikutnya .

    Sudahlah kalian bertengkar itu karena gak ada untungnya juga ujung-ujungya natik itu perpecahaan yang kasiaan nantik anak cucu kita yang telah lama damai di negeri kita indonesia tercinta ini,,,
    Jangan lah saling tuduh-menuduh bahwa agama kita benar agama orang lain salah ,,, dari hasil pendapat kita tersebut kalo didengar orang agama lain kan bisa marah ujung-ujungnya apa berkelahi ,saling hujat dan sebagainya.
    Jadi begini saja gak usah ribut-ribut lagi anggap aja setiap orang comentar disini kalo agamanya benar, misal saya ni saya percaya bahwa islam itu agama yang paling benar,, dan untuk kalian orang kristen ,hindu ,budha ,konghucu dll udah gak usah ribut kalian anggap aja agama kalian benar.
    Ingat kita hidup di indonesi dengan keragaman suku, agama , dan budaya yang berbeda dan jangan sampai karena masalah agama kita bisa saling bermusuhan .
    Karena perlu diketahui indonesia gak dimerdekan oleh orang islam saja tapi dari agama lain juga meskipun kita mayoritas dan mereka minoritas.
    Tetap jaga persatuaan NKRI Ini.

    BalasHapus
  57. saya mau tanya apakah di agama kalian diikitab kalian menjelaskan bahwa tuhan ada tuhan yang maha esa seperti halnya islam dalam surat dan dalil al'qur'an menjelaskan secara rinci dan fakta bahwa ALLAH S.W.T adalah tuhan yang maha esa dia tidak beranak dan tidak diperanakan ,Allah maha pengasih lagi maha penyayang didalam surat al-baqarah,al_ikhlas itu sangat jelas dan nyata ,kenapa orang kristen nyebut alhamdulillah,bismillah padahal jelas" itu ajaran dan tauladan dari nabi muhammad , dan nabi muhammad adalah nabi terakhir nabi ke 25 ,setan,jin,hewan,tumbuhan,matahari,bumi,langit dan seisinya nurut akan perintah ALLAH S.W.T , PERTANYAAN SAYA APAKAH AGAMA LAIN DIDALAM ALKITABNYA ADA DALIL ATAU SURAT YANG MENJELASKAN BAHWA TUHANNYA ADALAH TUHAN YANG MAHA ESA ,SEISI BUMI INI NURUT AKAN PERINTAHNYA ?

    BalasHapus
  58. saya mau tanya apakah di agama kalian diikitab kalian menjelaskan bahwa tuhan ada tuhan yang maha esa seperti halnya islam dalam surat dan dalil al'qur'an menjelaskan secara rinci dan fakta bahwa ALLAH S.W.T adalah tuhan yang maha esa dia tidak beranak dan tidak diperanakan ,Allah maha pengasih lagi maha penyayang didalam surat al-baqarah,al_ikhlas itu sangat jelas dan nyata ,kenapa orang kristen nyebut alhamdulillah,bismillah padahal jelas" itu ajaran dan tauladan dari nabi muhammad , dan nabi muhammad adalah nabi terakhir nabi ke 25 ,setan,jin,hewan,tumbuhan,matahari,bumi,langit dan seisinya nurut akan perintah ALLAH S.W.T , PERTANYAAN SAYA APAKAH AGAMA LAIN DIDALAM ALKITABNYA ADA DALIL ATAU SURAT YANG MENJELASKAN BAHWA TUHANNYA ADALAH TUHAN YANG MAHA ESA ,SEISI BUMI INI NURUT AKAN PERINTAHNYA ?

    BalasHapus
  59. Agama terbaik dan benar adalah yang lebih mendekatkan kita pada Cinta (TUHAN), yaitu agama yang membuat kita menjadi orang yang lebih baik."

    tanda tandanya membuat kita Lebih welas asih, lebih berpikiran sehat, lebih objektif dan adil, lebih menyayangi, lebih manusiawi, lebih punya rasa tanggungjawab, lebih beretika, agama yang punya kualitas seperti inilah adalah agama terbaik dan benar.

    Kawan, tak penting bagi kita apa agamamu, bahkan tak peduli Anda beragama atau tidak.Yang betul-betul penting bagi kita adalah perilaku Anda di depan kawan-kawan Anda, di depan keluarga, lingkungan kerja, dan dunia.

    Walaupun anda bilang agamamu yg terbaik dan sudah merasa telah melakukan penyembahan yg sempurma, tapi kalau fakta menunjukkan apa yg anda lakukan adalah keburukan dan kehancuran serta kerusakan dimuka bumi dunia ini, itulah agama paling benar dalam hayalan alias merasa paling benar sendiri.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sorry bro (bukan maksud nyinggung ato apa) kok kata2 itu sama kayak kata2 Dalai Lama ya?

      Hapus
    2. Sorry bro (bukan maksud nyinggung ato apa) kok kata2 itu sama kayak kata2 Dalai Lama ya?

      Hapus
  60. Orang mungkin akan mengklaim agamanyalah yang terbaik, namun sudahkah orang itu menjalankan tujuan agamanya? Tujuan agama itu apa sih? Tujuan agama ialah menciptakan kerukunan antar manusia. Nah, kalau hanya karena agama (kita rakyat Indonesia) sudah terpecah belah, bagaimana nasib bangsa ini? Adakah yang namanya negara kesatuan kalau kita tetap membeda bedakan seperti ini? Tujuan para leluhur kita yang jatuh dalam perang (dan yang mati dalam memperjuangkan Indonesia) yang telah menyampaikan Indonesia ke kemerdekaannya, dapat direbut kembali oleh penjajah jika kita terus membeda bedakan seperti ini. Marilah semua bersatu, berpegang kepada Pancasila. Mungkin ada benarnya yang bilang kalian seharusnya kembali ke kelas 1 untuk belajar Bhinneka Tunggal Ika. Saya juga ingin menambahkan, tolong yang nulis nginget juga pancasila. Terimakasih. Maaf kalau ada yang kurang dari comment saya. Semoga pikiran anda lebih maju. Semangat Indonesia!!!

    BalasHapus
  61. Mohon maaf sekali lagi. Tolong jangan asal tulis artikel sebelum anda mendalami hal yang akan anda tuliskan. Seperti halnya ujian. Kalau kita menulis jawaban ngasal gimana dapat nilai baik? Yang ada kena marah sama guru. Terimakasih. Semoga Comment saya bermanfaat. Mohon maaf kalau ada kekurangan.

    BalasHapus
  62. Halo saya beragama buddha saya ingin sampaikan suatu pesan yang terdapat di prasasti Batu Kalingga di Peshawar "barangsiapa menghormati agamanya sendiri, dan mencela agama orang lain berarti ia merugikan agamanya sendiri dan agama orang lain"

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jadi janganlah kamu mencela agama orang lain melainkan hormatilah sesama manusia, meskipun kamu berpikir agamamulah yang the best tetapi tetap saja menghormati agama orang lain, saya punya sanak keluarga beragama muslim, kristen, katolik saya pun ttap menghormati agama mereka, saya tidak "eh agama lo ngaco, liat di kitab ini.....". Jadi hiduplah rukun, kita pun sama2 tinggal di negara yg sama bukan?

      Hapus
  63. sejak kapan buddha punya Tuhan? maksudnya sejak kapan Buddha jd Tuhan? paling ga pelajari dulu sebelum jeplak...semenjak kapan umat Buddha nyembah buddha? org ajaran dia malah melarang menyembah dia kok, tp ikuti ajaran dia bisa dikatankan bukan agama malah, lebih filsuf dan dia bukan nabi bukan Tuhan dia manusia biasa, ada patung itu hanya utk mengenang spt ada patung pahlawan tp bukan utk disembah, krn pd dasarnya manusia tetep butuh real utk ada yg dilihat spt salib kristen, patung bunda maria yesus katolik, kabah sebagai kiblat...SAYA islam tp sy tdk menghina agama lain or tdk setuju itu urusan msg2 keyakinan msg2, dgn tdk setuju termasuk membuat tdk nyaman mereka yg berbeda krn islam ga ngajarin gitu harusnya..paling ga tolonglah pelajari dulu agama lain jgn asal nuduh..malu sendiri kan klo salah...sy sbg muslim malu krn org muslim hrsnya intelek iqro (baca) kata nabi apa2 pelajari dulu ya org indo ga mau baca sih hanya mau baca kitabnya sendiri dan ga baca kita lain bahkan ilmu2 lain..makaya muslim indo byk tertinggal dgn muslim negara lain..sy muslim sy pelajari semua agama..dan hasilnya sy hormati semua nya bahkan atheis, agnostik (tau agnostik ga?) sekalipun itu urusan mereka msg2 keyakinan itu msg2 dlm hati..kita bukan Tuhan..mau agama sama pun keyakinan bisa beda yg penting tetap rukun damai saling mencintai semua manusia bahkan mahluk hidup...sy sedih aja malu krn anda mencerminkan islam yg ga toleran kan jadinya lakum dinukum waliyadin nya (agamamu agamamu agamaku agamaku) mana? kita hrs nunjukin toleransi bergama itu yg diajarkan kok..malu aja umat islam kayak ga terpelajar..ga usah sok tau klo ga tau...sy muslim dan keturuan arab asli dan sy menghormati semua agama... di amerika aja org arab2nya bahkan terpelajar ada profesor muslim yg mau mempelajari semua agama dan hasilnya? ya sudah dia tetep dgn agamanya malah dia semakin menghormati perbedaan krn apa? krn dia cari tau dulu br ngejudge butuh bertahun2 utk mempelajari semua agama...emang situ baca semua kitab? enggak kan..udah lah ga usah urusin agama org urusin dirimu sendiri umatmu dan doakan baik saja bila menurut kmu mereka salah..dan berbuat baik sebanyak2nya utk pahala kmu..ga usah ganggu mereka pikirkan klo agama kmu jg dikritik ga mau kan? apalagi di kritik sok tau salah tanpa tanya or pelajari dulu agama kita? so jgn mukul klo ga mau dipukul...tunjukin islam yg penuh welas asih jg...salam buat semua umat manusia...semoga kalian semua berbahagia amin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selaku umat muslim harus terus berdakwah. Seperti Junjungan kita yang juga berdakwah walaupun sering di caci maki ia tetap berjuang demi umat manusia. Coba, jika tidak ada yang berdakwah lalu bagaimana umat Ψ§Ψ³Ω„Ω… kedepanya??? Tentu sudah tidak ada sekarang ini. Oleh karena itu kita harus berdakwah........ (Salam untukmu saudara se-muslim...... )

      Hapus
  64. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  65. Jika agama ada banyak pasti tuhanya berbeda2 dan banyak. Jadi manakah agama yg benar??? Agama yg benar itu terdapat dari sejak manusia pertama di bumi. Lalu siapakah manusia tersebut??? Nah, itu jikalau kamu mau mengetahuinya. Jadi agama sebenarnya sudah ada sejak manusia pertama itu. Coba, jika tidak ada manusia pertama dibumi kita tidak akan ada. Manusia pertama ada yg menciptakanya, pastilah manusia pertama itulah tahu sang penciptanya dan penciptanya jugalah yang menciptakan dunia beserta isinya. Dan dialah yang tahu agama sebenarnya yang mana. Jika ingin tahu siapa tuhanmu, maka berusaha untuk mencarinya .pastinya nanti akan mengetahui siapa tuhanmu, tuhanmu akan diketahui dengan kamu berusaha sungguh sungguh untuk mencarinya. (Semua yang hidup pasti akan mengalami kematian. Begitu juga dunia beserta isinya pasti akan hancur.setelah itu dibangkitkanlah seluruh manusia setelah mati oleh sang pencipta dunia beserta isinya ,saat seluruh manusia dibangkitkan berteriak dan dalam keadaan tanpa busana, tetapi setiap manusia hanya memikirkan dirinya sendiri. Lalu dikumpulkan seluruh manusia ditempat yang luas dalam berkelompok. Lalu ditentukanlah pada saat itu dimana tempat yang layak bagi setiap manusia dan setiap manusia mendapakan tempat yang berbeda beda, ada yang ditempat yang indah dan ada yang buruk. Lalu jika sudah di tentukan di situlah tempat tinggal selamanya sebagai balasan bagi manusia yang berada dijalan yang benar). Jadi kita lihat saja nanti siapa yang benar dan yang salah.
    YANG SUDAH TAHU JAWABAN YANG BENAR (1.)SIAPA TUHAN SEBENARNYA???, PASTI AKAN BERTEMU DIHARI saat SELURUH MANUSIA DIBANGKITKAN DAN JIKA YANG KAU PERCAYAI BENAR PASTI AKAN BANGGA.
    (2.) YANG SEBENARNYA TUHAN SELURUH MANUSIA ADALAH Ψ§ Ω„ Ω„ Ω‡ saya tidak akan memberi tahu sampai kalian berusaha ingin mengetahuinya..... Maka carilah dan tanyakanlah kepada petinggi petinggi dari setiap AGAMA

    BalasHapus
  66. Buddha Maitreya akan lahir jika Ajaran Buddha Gautama atau Ajaran Sidharta Gautama lenyap dari muka bumi ini dan jika batas umur manusia yaitu 10 tahun . Jadi Nabi Muhammad itu bukanlah yang termaksud.

    BalasHapus
  67. Buddha tidak mengajarkan untuk menyembah manusia tetapi menjunjung tinggi kasta manusia yang saat itu di India yang memiliki sistem perbedaan kasta manusia

    BalasHapus
  68. Semua orang boleh mempelajari ajaran Buddha bukan Agama Buddha. Semua orang boleh menerima dan menolak ajaran Buddha. Karena Ajaran Buddha mengajarkan untuk berpikir secara rasional. Maka ada kata Ehipassiko yang artinya mengundang untuk dibuktikan. Dengarkan dan renungkan Ajaran Buddha. Anda boleh menerima dan menolak Ajaran tersebut. Itulah yang diajarkan oleh Sang Buddha

    BalasHapus
  69. Dalam Agama Buddha tidak ada kata cipta. Karena Buddha mengatakan bahwa segala sesuatu itu tidak dicipta tetapi terbentuk yang hanya dapat dijelaskan oleh para ilmuwan. Dalam Agama Buddha, Tuhan itu tidak dapat digambarkan oleh apapun. Tidak ada orang yang dapat mengerti bagaimana Tuhan itu. Tuhan hanya dapat dimengerti oleh orang suci.

    BalasHapus
  70. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  71. Jangan pernah membanding bandingkan agama,semua agama itu benar.
    Tergantung dengan pembawaan

    BalasHapus
  72. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  73. Apa keuntungan lu buat artikel ini?

    BalasHapus
  74. jangan bahas agama pasti muncul pro kontra. kitapun sebagai umat islam pasti gak mau kan agama kita dihina. buat yg bilang islam itu teroris bukan agamanya ya tapi orang orangnya , poligami untuk janda miskin bukan kaya syekh puji punya bini muda itumah atau kayak bapak bapak lain yg sok poligami sama wanita yg muda dan cantik sungguh bertentangan dgn alquran yaaa ..... ketika saya umroh di arab saya banyak melihat company dr luar negeri seperti starbucks kfc mcd dll tp di arab sendiri gak ada tuh di bom dasar orang indonesia aja yg memang gak punya akal dibutakan oleh kebencian mau ngebom sana sini padahal islam tdk mengajarkan seperti itu. buat netizen agama lain buat agama islam stay calm aja....

    BalasHapus
  75. Kalau boleh saya berkomemtar, kita memang perlu membandingkan semua ajaran keagamaan krn ini menyangkut kehidupan akhirat kelak. Kita harus benar benar tau siapa pemilik surga jika ingin masuk surga. Bukan hanya berbuat baik tapi jg harus mengenal pemilikny sehingga kita dapat kunci surga itu.

    BalasHapus
  76. Untuk apa Tuhan memberi wahyu sembunyi sembunyi kepada seorang manusia, membuat manusia bingung dan saling cerca mana yang paling benar. Seharusnya wahyu itu didengar langsung dari langit oleh semua umat manusia di dunia sehingga tidak ada saling cerca. Karena manusia adalah mahluk logis.... mahluk perlu bukti.... bukannya sekedar buku suci. Maka dari itu kebenaran itu diatas dari yang namanya agama atau kitabsuci... kebenaran itu toleransi beragama, disaat tidak ada tembok antar agama, disaat tidak ada pertanyaan "kamu agama apa?"... Tuhan itu tak terpikirkan Tuhan itu rahasia Tuhan itu Maha Segalanya... tidak ada agama yang memberikan Bukti Otentik tentang Tuhan. Hanya tulisan bukanlah bukti... tapi Tuhan itu ada.. Tuhan itu menciptakan semua agama dan ras manusia tanpa pilih kasih... buktinya ada banyak agama. Tuhan bukanlah seperti manusia yang bisa salah dalam penciptaan sehingga agama terus diperbarui... kekurangan agama hanya karena pengaruh jaman... intinya sama mengajarkan kebajikan agar menjadi bahagia... baik yang kita lakukan baik yang kita terima. Sangat sederhana.

    BalasHapus
  77. Islam agama terbaik ?? Knp ya islam suka sok hebat
    Saya lihat cmn islam yg suka kaya gini
    Apa untungnya buatmu ?? Mau bikin satu dunia ini msk islam ??? Truss klo seluruh dunia msk islam ??apakah anda Tuhan bisa tau klo agama lain salah ??
    Salam dari manusia biasa !!

    BalasHapus
  78. Hidayah hak mutlak milik allah , walaupun anda memberi dakwah selembut sutera apabila yang menerima tidak dikehendaki maka dakwah anda akan menjadi setajam jarum . Lebih baiknya antum hapus post ini , berdoa semoga allah memberi hidayah kepada mereka . Dan umat muslim yang bilang semua agama sama , coba pelajari mendalam agama islam yang benar .

    BalasHapus
  79. Jika kita ingin mengetahui agama apa yg paling benar yaitu dg mencaritahu sendiri manfaat dan informasi masing-masing dari asing tersebut

    BalasHapus
  80. Tujuan kita semua adalah supaya lebih bijaksana menghadapi hidup agar bahagia... makanya lahirlah Agama yang mengajarkan berpikir yg benar berkata yg benar dan berbuat yang benar... sangat sederhana... dan ada banyak jalan menuju Roma, maka ada banyak Agama.. Tuhan itu maha sempurna tak terpikirkan tapi ada, jadi memang tidak bisa dipikirkan... jalani saja ajaran agana masing masing rasakan kebahagiaannya dengan sadar bahwa ada banyak jalan menuju Tuhan.

    BalasHapus
  81. Musuh terbesar didalam diri saat merasa agamaku paling benar... padahal kita sama sama manusia yang darahnya merah... Jika mau Tuhan akan menciptakan satu agama... tapi ternyata ada banyak agama... Tuhan hanya menguji siapa yang bisa melihat kebebaran bahwa kita sama sama ciptaan Tuhan walau beda agama... imagine theres no religion tidak akan ada perang katena agama... bahkan agama tidak bisa menghindarkan dari perang dunia 1, 2, atau bahkan 3... tapi yang bisa mencegah semua derita adalah hati nurani kita adalah sesama mahluk hidup yang ingin damai dan bahagia... tidak tega menyakiti karena kita saudara..

    BalasHapus
  82. 2019 ada Joan Miir, Morbidelli udah di satelit Yamaha, Lorenzo masuk Honda Repsol, Vinalles fast lap....seru neehh

    BalasHapus
  83. Botcahhh... !!!!

    KKkkiiiiiiiiooonnnNNNNTTtttttttooooOOOOOOlllllLLLLLL... !!!! :v :v

    BalasHapus
  84. Itu mah kata penulisnya sendiri, dia ngaku ngaku agama terbaik, Faktanya Dunia sudah mengakui dari para pakar dan ahli agama termasuk petinggi perdamaian dunia kalau Agama Buddha adalah Agama terbaik di dunia. Lah kalo lu ngakuin agama lu sendiri trus di akuin dunia gak? Sampe sekarangpun Dunia mengakui kalau Islam adalah agama terburuk di dunia yang di huni orang orang bodoh sepanjang sejarah manusia.

    BalasHapus
  85. Bodoh anda bilang
    Anda hanya tidak mengerti bagaimana kehidupan manusia setelah kematian dan bagaimana setelah kiamat terjadi, semua amalan manusia akan dihisab
    Mungkin anda hanya mengejar duniawi dan berpikir kematian berarti semuanya telah berakhir, anda salah besar
    Dunia hanyalah tempat untuk menunjukkan mana manusia yang taat kpd tuhan dan mana manusia yang lalai dan tebuai akan duniawi sehingga melupakan tuhan dan menganggap dunia adalah surga. Padahal bagi orang yang beriman sesungguhnya dunia itu fana dan hanya membut umat manusia lalai akan apa yang seharusnya mereka lakukan selagi masih hidup di dunia, yaitu mencari amal dan terus berbuat kebaikan agar bisa mencapai surga-Nya. Tapi kebodohan duniawi telah menjadi godaan terbesar bagi manusia.
    Saya memang belum menjadi manusia yang baik tapi saya berusaha untuk menjadi lebih baik dan tau mana yg akan membuat saya bahagia di dunia dan akhirat kelak.

    BalasHapus
  86. Anda belum belajar mendalam agama orang lain jadi jangan sok tau...Ada kata-kata yang mengatakan:"Lebih baik diam biarpun terlihat bodoh apalagi banyak bicara tapi makin terlihat bodohnya".
    Nah, saya sarangkan bila perlu admin belajar dari kata-kata ini dan beraksi dengan hati-hati...
    Jangan sok tau...😎

    BalasHapus
  87. Anda membandingkan dengan tidak adil, membandingkan kulit bukan inti ajaran.

    Tuhan tidak melihat kulit tapi melihat perbuatan umat.
    Pahamilah setiap agama memiliki tingkat spiritualitas... pada tingkat tertinggi semua agama tujuannya membentuk umat yang Bijaksana yaitu sabar, iklas, dan selalu bersyukur.

    BalasHapus
  88. saya seorang muslim....saya tau apa maksud pengarang , namun alangkah lebih baiknya jika kita berpegang teguh kepada kepercayaan kita, terkadang apa yang kita maksud belum tentu itu menjafi persetujuan org lain.. jadi intinya jika kita merasa agama kita benar cukup di perdalam dan tambh ketaatan kita ke pada tuhan. dan kita harus melihat kondsi bahwa NKRI merupakan satu kesatuan...semua agama itu memiliki ajaran yang sma baik dengan tujuan menjdikan setiap individu damai dan tentram. jdi tergantung individu itu sendiri memandang dari sudut mana agamanya.tidk usah lgi bertengkar bukankah bangsa indonesia terlahir karena persatuan dari perbedaan?

    kesalahan itu manusiawi mungkin ini bentuk rasa cinta nya kepada agama muslim

    BalasHapus
  89. Artikel yang Menarik Gan
    Mohon Izin Comment ya ^^

    Klik LIGA BINTANG

    Join Liga Bintang ! klik link di bawah ini
    BONUS DEPOSIT HARIAN 10% + CASHBACK SPORT S/D 15% + REFFERAL SPORT 2.5% dan Promo harian menarik lainnya ya^^

    DEPOSIT VIA PULSA
    - TELKOMSEL : 0,85% atau 15%
    - Xl a

    COSTUMER SERVICE :
    - LIVE CHAT 24 JAM ONLINE
    - WA : +62 812 8805 4524

    Klik Prediksi Bola

    Klik Situs Resmi Bolajalan

    Klik Tempat Daftar

    Ayo bosku segera daftarkan diri anda dan raih hoki bersama kami ya^^
    kami tunggu kehadirannya hanya di situs resmi Betting online hanya di Liga bintang^^

    BalasHapus
  90. Kok,heran...kenapa agama islam selalu merasa agama nya yg paling benar.πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚pada hal penganut islam tidak pernah mau belajar pengetahuan agama lain.yang ada hanya membedakan agama nya sama agama yg lain.selalu membandingan agama nya yg paling benar dan paling suci.aneh...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lucu broπŸ˜‚. allah swtnya mengajar nabi nya utk berzinah. Juga mengajar umatnya utk berperang, bkn berdamai. allah swtnya berfirman di alquran klo kaum muslim & kaum Yahudi berdamai, maka dunia akan kiamat.. dan itu akn membuat kaum muslim ingin Palestina & Israel perang aj tru.. ga usah damai.. Tuhan kok ngajar perang?πŸ˜‚πŸ˜‚. Allah yg sesungguhnya itu Allah Bapa, Allahnya org Kristen.. bkn allah swt si iblis

      Hapus
  91. Kalo nabi Muhammad istrinya banyak .kenapa saya tidak boleh ya istrinya banyak berarti saya tidak ikut ajaran nabi Muhammad dong?

    BalasHapus
  92. allah swt yg kau sembah itu bkn Tuhan, tp iblis... Buktinya, allah swt mu berfirman di alquran klo kaum muslim(Palestina) & kaum Yahudi(Israel) berdamai, maka dunia akan kiamat... Dan itu akan membuat kaum muslim tdk ingin berdamai, perang aj trus biar gk kiamat.. masa Tuhan ngajak perang? Yg menilai diri kita itu org lain, bkn diri kt sendiri.. klo anda ingin tau penilaian ttg agama mu, maka umat agama lain yg menilai, bkn anda sendiri yg menilai... Agama kok sombong, makan puji, ngajak perang, ngajak beristri banyak..

    BalasHapus
  93. Jangan kau mengejek agamaku(islam).suruh tuhanmu untuk berhadapan denganku ku bantai mereka semua atas seizin allah

    BalasHapus
  94. Oi ga usah hina agama orang, klo mau komen pikirin perasaan orang lain juga..
    Agama islam kagak ngajarin buat ngehina agama orang lain.
    Eh kok agama ane malah dilecehin ama agama sebelah..

    Gw lapor pihak berwajib apa gimana nih?
    Beraninya ngehina agama orang lain, tapi agama sendiri g mau dihina.

    Bhineka tunggal ika disimpen di otak, bukan di dengkul

    BalasHapus
  95. Haha , yg buat artikel goblog sangatπŸ‘ sotoy batπŸ‘

    BalasHapus